NAMA : SILVIA FITRIANA MANDASARI


NIM : 21/473410/SV/18829
TEST MBTI : ENTP-T

Pertanyaan

Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

Jawaban

Sistem Informasi (SI) dalam proses pembangunan mengacu pada langkah-langkah yang diperlukan untuk merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan memelihara sistem yang mengumpulkan, mengelola, dan mengolah informasi untuk mendukung operasi bisnis atau organisasi. Proses pembangunan SI melibatkan beberapa tahap, yang mencakup perencanaan, analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan.


Pemerintah dan pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan karena sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam membantu mengelola, mengoordinasikan, dan memantau berbagai aspek pembangunan dan operasi pemerintahan.Melalui implementasi sistem informasi yang tepat, pemerintah daerah dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pelayanan kepada warga, dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan data. Sistem informasi juga membantu meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan pemerintah.
Perkembangan sistem informasi di Indonesia telah mengalami kemajuan signifikan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Berbagai inisiatif dan proyek telah dilakukan oleh pemerintah dan sektor swasta untuk mengadopsi dan mengembangkan sistem informasi guna mendukung operasi bisnis, pelayanan publik, dan pembangunan nasional.
Salah satu sistem informasi pembangunan yang sudah diterapkan di pemerintah daerah kabupaten/kota berada di Kabupaten Magelang yaitu E-Pikir yang dikelola secara langsung oleh BAPPEDA LITBANGDA Kabupaten Magelang. E-PIKIR adalah Aplikasi yang dibangun Pemerintah Kabupaten Magelang dalam rangka mewujudkan planning by research dan mendukung daya saing daerah melalui kegiatan penelitian dan pengembangan di Kabupaten Magelang. Sistem informasi ini juga terhubung dengan sistem informasi dari OPD lainnya yang memudahkan khususnya bagi para mahasiswa yang akan melakukan izin penelitian, magang maupun KKN di Kabupaten Magelang. Sistem informasi E-pikir ini dapat diakses melalui https://epikir.magelangkab.go.id.
Manfaat penggunaan E-pikir sebagai sistem informasi di Kabupaten Magelang antara lain :
1. Mengetahui tugas, fungsi, regulasi, dan struktur BAPPEDA LITBANGDA
2. Melayani pendaftaran penelitian, pengabdian dan magang
3. Menghimpun hasil penelitian yang dilakukan di kawasan Kabupaten Magelang
4. Publikasi pengadaan lomba dan kegiatan yang dilakukan dilingkup Kabupaten Magelang seperti lomba Krenova dan RUD
5. Mendata usulan penelitian, inovasi daerah, hasil kelitbangan dan kerjasama